Minggu, 13 Maret 2016

IPNU Gaungkan ISLAM NUSANTARA Di Bulukumba

Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Bulukumba hari ini (13/03) kembali menggelar kajian rutin. Kegiatan ini merupakan rutinitas bulanan yang dilaksanakan PC. IPNU dan PC. IPPNU Bulukumba yang diselenggarakan di tempat yang berbeda. Setelah kajian pada bulan lalu dilaksanakan di MA Ma'arif Bulukumba, kali ini dilaksanakan di PP. Babul Khaer Kalumeme Bulukumba.




Pokok bahasan dalam kajian rutin ini adalah Islam Nusantara yang konsepnya mulai populer pada pelaksanaan Muktamar NU ke 33 di jombang. Materi ini dibawakan oleh Ust. Andy Satria, S.Pd.I yang juga merupakan salah seorang kader muda NU terbaik di Bulukumba.
Salah satu hal penting yang disampaikan Satria kepada rekan dan rekanita adalah islam merupakan agama yang fleksibel/lentur dan bisa berbaur dan menghargai budaya lokal suatu daerah, begitupun dengan budaya-budaya tertentu yang dapat diislamisasi. Dicontohkan, sorban pada awalnya merupakan budaya yang kemudian diislamisasi oleh muslim di Arab. Sehingga umat muslim di Indonesia pun tidak diharuskan untuk memakai sorban. Bahkan di Indonesia ada budaya asli indonesia yang melekat pada muslim yakni sarung, khususnya mereka kaum santri dan nahdliyyin (sebutan untuk orang NU) pada umumnya. Itulah sebabnya mengapa nahdliyyin sering disebut kaum sarungan.
Setelah materi selesai, rekan dan rekanita melanjutkan agendanya dengan rapat Pembentukan Panitia Rapat Anggota Komisariat IPNU - IPPNU PP. Babul Khaer Kalumeme Bulukumba. Rapat yang dihadiri oleh 95 orang kader ini menetapkan rekan Syamsul Bahri, Safir dan Idhan masing-masing sebagai ketua, sekretaris dan bendahara.
Pembentukan Pimpinan Komisariat di sekolah-sekolah merupakan program priotitas pengurus IPNU - IPPNU periode ini. Hal ini sesuai dengan harapan Ketua Tanfidziyah PCNU Kab. Bulukumba yang sekaligus pimpinan PP. Babul Khaer Kalumeme Bulukumba, Drs. KH. Tjamiruddin, M.Pd.I  untuk membuat IPNU - IPPNU juga aktif bergerak pada lembaga-lembaga pendidikan termasuk di Perguruan Tinggi.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

mars ipnu

[soundcloud url="https://api.soundcloud.com/tracks/241100595?secret_token=s-JRh9y" params="color=ff5500&auto_play=false&hide_related=false&show_comments=true&show_user=true&show_reposts=false" width="100%" height="166" iframe="true" /]

About